Minggu, 19 Juni 2011
06.21

Robot Contest Indonesia

Robot mahasiswa UI
JAKARTA: Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih Juara I kategori Robot Seni Indonesia dengan desain Robot Penari Klono Topeng dalam Kompetisi Robot Tingkat Nasional yang diadakan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan pihaknya juga akan mengirimkan mahasiswa ke kontes teknologi mobil Shell Eco-marathon Asia di Sepang, Malaysia.

“Kami juga akan mengikuti kompetisi internasional Shell Eco-marathon Asia (SEM Asia) 2011, dengan mengirimkan tim Nakoela dan Sadewa yang terdiri dari para mahasiswa Fakultas Teknik UI untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi prestisius yang akan berlangsung pada 6-9 Juli

2011 di Sepang International Circuit Malaysia,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono hari ini.

Kompetisi robot nasional yang berlangsung di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta diikuti 101 tim dari 51 perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta ini terdiri dari kategori Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Seni Indonesia, dan Kontes Robot Cerdas Indonesiayang terbagi atas Robot KRCI Beroda, Robot Berkaki, dan Robot Battle.

Selain UI sebagai Juara I KRSI, Politeknik (Poltek) Batam meraih Juara 1 KRI. Sedangkan Juara 1 KRCI Beroda adalah Institut Teknologi Telkom Bandung, Juara 1 KRCI Berkaki yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Juara 1 KRCI Robot Battle adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Vishnu menambahkan dalam kompetisi SEM Asia 2011, Tim Nakoela merancang sebuah mobil bernama Garuda Keshava. Garuda Keshava merupakan mobil hemat energi jenis prototype. Dengan bodi yang ramping dan lekukan yang unik, mobil ini diprediksikan mampu menggondol best design SEM Asia 2011 serta ditargetkan 1000 km dalam 1 liter bensin.

Adapun, Tim Sadewa merancang urban vehicle yang diberi nama Kalabia. Kalibia merupakan mobil urban yang dapat mencapai target 500 km dalam satu liter bensin. Kalabia adalah mobil ramah lingkungan yang berbentuk menyerupai ikan hiu dengan desain yang aerodinamis dan stabil. (sut)

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi blog